Menteri Investasi Akan Tindak Tegas Pelaku Usaha Pertambangan Tidak Taat Aturan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:05 WIB
Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia (Rekam layar Instagram/@bahlillahadalia)
Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia (Rekam layar Instagram/@bahlillahadalia)

PublikaNTB.com - Menindaklanjuti arahan Presiden, tim Satuan Tugas (Satgas) Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi telah secara tegas melakukan pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang tidak digunakan sebagaimana mestinya oleh pelaku usaha.

Adapun IUP yang dimaksud seperti izin yang tidak beroperasi, tidak ditindaklanjuti dengan izin usaha, ataupun yang tidak menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Hal demikian diungkapkan Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia dilansir PublikaNTB.com dari Instagram @Bahlillahadalia, Senin 15 Agustus 2022.

Baca Juga: Mengenal Sosok Syeikh Muda Ustadz Muhammad Farabi Majdi Putra Sulung TGB

"Sebagai Ketua Satgas, saya telah memenuhi janji saya untuk tetap memberikan ruang bagi teman-teman pengusaha yang izinnya dicabut,"pungkas Menteri Bahlil dilansir dari Instagram @Bahlillahadalia.

Pencabutan izin dilakukan, dari 2.078 IUP yang sudah tercabut adalah sebesar 2.065 Izin atau setara 98,4%. Total areal yang dicabut sebesar 3.107.708,3 hektare yaitu akumulasi dari 2065 izin

"Dari 733 usaha, 196 IUP akan dimulai hari ini dan proses verifikasi ulang dan sebanyak 75 IUP dinilai telah memenuhi syarat perizinan, sehingga akan dikembalikan izin usahanya," terangnya. 

Baca Juga: Simak Tujuh Nasihat Jalaluddin Ar-Rumi yang Bisa Menggugah Hati

Pemberian surat pemulihan izin tambang 75 IUP tersebut akan di mulai hari ini dan proses verifikasi akan terus dilakukan secara bertahap sampai dengan minggu kedua bulan September.

Halaman:

Editor: Muazzin

Sumber: Instagram @bahlillahadalia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awal Musim Hujan Tahun 2022 Menurut BMKG

Rabu, 21 September 2022 | 17:05 WIB

Wilayah Kalian Pernah Terjadi Hujan Es, Ini Penyebabnya

Senin, 19 September 2022 | 12:28 WIB

Telkom University Berikan Beasiswa, Berikut Ketentuannya!

Minggu, 11 September 2022 | 10:42 WIB
X